Apa Saja Cara Cepat Tidur Yang Bisa Dicoba?

Setiap manusia perlu tidur setelah melakukan serangkaian aktivitas baik di sekolah, kantor, maupun di tempat lain. Namun, jika manusia tidak bisa tidur, maka cara cepat tidur yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan obat tidur.

Cara Cepat Tidur Yang Dapat Dicoba

Sebagian orang merasa bahwa obat tidur adalah cara yang efektif agar cepat tidur. Namun, cara cepat tidur tidak hanya melalui obat tidur. Anda dapat menggunakan cara alami agar Anda bisa cepat tidur. Cara-cara yang dapat Anda lakukan adalah sebagai berikut:

  • Berolahraga

Secara logika, berolahraga dapat membuat seseorang lapar. Tidak hanya itu, berolahraga juga dapat membantu kualitas tidur seseorang. Anda perlu berolahraga secara rutin agar Anda bisa tidur lebih cepat.

  • Minum susu

Banyak orang percaya bahwa minum susu adalah solusi yang tepat agar tidur dengan cepat. Susu mengandung triptofan dan melatonin yang tinggi sehingga dapat menurunkan gerakan motorik.

  • Jangan mengkonsumsi kafein

Kafein membuat orang terjaga dan dapat membuat orang tidak bisa tidur. Anda sebaiknya jangan konsumsi minuman yang mengandung kafein seperti kopi setidaknya 4 jam sebelum tidur.

  • Jangan tidur siang

Walaupun Anda merasa lelah karena melakukan aktivitas yang padat di siang hari, Anda sebaiknya beristirahat, namun Anda jangan tidur siang. Sebuah studi menunjukkan seseorang yang tidur lebih dari 2 jam di siang hari setidaknya tiga kali sehari, dapat menurunkan kualitas tidur pada malam hari.

  • Mandi air hangat

Sebelum tidur, Anda bisa mandi dengan air hangat karena dapat membuat badan Anda rileks.

  • Gunakan aromaterapi

Anda juga bisa menggunakan aromaterapi sebelum tidur, karena dapat menenangkan tubuh. Ada berbagai jenis aromaterapi yang dapat Anda gunakan. Contoh jenis aromaterapi yang bisa digunakan adalah minyak lavender.

Sebuah studi menyatakan bahwa orang-orang yang menggunakan minyak lavender sebelum tidur dapat memberikan kualitas tidur yang baik. Selain itu, mereka yang menggunakan minyak lavender merasa lebih bertenaga ketika bangun di pagi hari.

  • Meditasi

Meditasi adalah salah satu cara yang paling umum untuk menenangkan pikiran dan tubuh manusia. Sebelum tidur, Anda sebaiknya coba meditasi karena dapat mengurangi rasa cemas yang membuat Anda tidak bisa tidur.

  • Tidur di kasur yang nyaman

Sebuah penelitian menyatakan bahwa 9 dari 10 orang berpikir bahwa kasur adalah salah satu alasan penting untuk membantu kualitas tidur mereka. Jika mereka memiliki kasur yang nyaman, maka kualitas tidur mereka akan meningkat.

  • Menjaga suhu di dalam ruangan

Suhu juga menjadi salah satu faktor penting untuk membantu seseorang tidur cepat. Mereka ingin memastikan suhu di kamar mereka dingin. Tidak hanya dapat membuat orang-orang tidur dengan cepat, namun juga dapat membuat orang-orang tidur lebih nyenyak. Orang-orang disarankan untuk mengatur suhu kamar menjadi 18 hingga 24 derajat Celsius.

  • Matikan alat elektronik

Jika Anda ingin cepat tidur, cara lain yang perlu diperhatikan adalah mematikan alat elektronik di kamar Anda, termasuk komputer dan HP (kecuali jika Anda ingin menggunakan HP sebagai alarm).

Orang-orang dapat meningkatkan kualitas tidur mereka karena mematikan lampu di kamar mereka. Cahaya dapat mengganggu hormon dan membuat otak terjaga jika ada lampu yang dinyalakan di kamar mereka.

Itulah cara cepat tidur yang bisa Anda coba. Orang-orang bisa saja mencoba cara yang dianjurkan di atas, namun tidak bisa tidur. Hal tersebut biasanya disebabkan oleh tekanan pada pikiran seperti stres atau trauma. Jika Anda mengalami masalah seperti sehingga membuat Anda tidak bisa tidur, Anda sebaiknya konsultasikan masalah ini dengan dokter.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*