Biarkan Alam Bawah Sadar Anda Membuat Keputusan Besar

Penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa otak Anda terus mencoba memecahkan masalah dalam alam bawah sadar ketika Anda memalingkan perhatian ke hal-hal lain. Semakin banyak kita belajar tentang otak, semakin banyak pula kesimpulan bahwa otak akan bekerja dengan lebih baik tanpa adanya input dari diri kita sendiri. Bahkan, mayoritas tingkah laku manusia berasal dari pikiran alam bawah sadar. Penelitian tentang alam bawah sadar menunjukkan bahwa ‘subconsciousness’ membantu menginisiasi perilaku dengan tujuan, kreativitas, wawasan, konsolidasi ingatan, dan membuat keputusan. Menurut para peneliti dari Universitas Carnegie Mellon (CMU), hal yang sangat menarik tentang otak adalah organ penting ini terus mencoba memecahkan masalah untuk Anda ketika Anda melakukan hal-hal lain. Bahkan, memberikan waktu bagi alam bawah sadar untuk bekerja membuat Anda dapat membuat keputusan dengan lebih baik.

Bagaimana Anda memutuskan secara tidak sadar?

Untuk melihat seberapa banyak alam bawah sadar memengaruhi pengambilan keputusan, sebuah tim peneliti dari Universitas Carnegie Mellon menguji 27 orang dewasa sehat untuk mendapatkan pemindaian penciraan otak saat pemeriksaan mental berlangsung. Subyek penelitian diberi informasi tentang mobil dan benda-benda lain sambil disambungkan dengan mesin MRI. Sebelum mereka diperbolehkan untuk membuat keputusan,mereka diminta untuk mengingat urutan beberapa angka. Peneliti melakukan hal tersebut guna mencegah subyek terus memikirkan tentang mobil secara aktif.

Hasil pemindaian otak menunjukkan bahwa ketika subyek studi sedang memikirkan mobil dan benda lain, korteks visual dan prefrontal, dua bagian yang bertanggung jawab terhadap pembelajaran dan pengambilan keputusan, berfungsi seperti biasanya. Yang menarik dan mengejutkan adalah kedua bagian tersebut terus aktif saat subyek studi diminta mengingat angka, yang mana memberukan informasi bagi para penliti bahwa otak terus memroses informasi dalam alam bawah sadar.

Memroses informasi dalam alam bawah sadar

Analogi terbaik untuk menggambarkan hal ini contohnya, bayangkan smartphone Anda sedang mengunduh lagu ketika Anda sedang mengirimkan pesan teks. Smartphone Anda sedang fokus pada informasi baru (pesan teks), saat sedang memroses sesuatu yang lebih rumit di waktu yang bersamaan. Bahkan dengan gangguan tugas mengingat, para peneliti menemukan bahwa membiarkan otak memroses informasi secara tidak sadar berakibat pada pengambilan keputusan yang lebih cerdas. Subyek studi yang terus menunjukkan aktivitas korteks visua dan prefrontal saat tugas mengingat berlangsung dapat memilih mobil terbaik dari pilihan yang tersedia.

Menurut David Creswell, selaku asisten profesor psikologi Universitas Carnegie Mellon, penelitian tersebut mulai membuka tabir mister otak tidak sadar dan pengambilan keputusan manusia. Penelitian ini menunjukkan bahwa bagian otak yang penting dalam pengambilan keputusan tetap aktif meskipun otak kita dipaksa sibuk menyelesaikan tugas-tugas yang tidak berhubungan, misalnya memikirkan soal-soal matematika. Yang paling menarik adalah, para subyek studi tidak sadar otak mereka terus bekerja dalam memutuskan masalah saat mereka diminta sibuk memikirkan tugas mengingat angka.

Bagaimana memanfaatkan alam bawah sadar dengan optimal?

Untuk dapat memanfaatkan alam bawah sadar dalam pengambilan keputusan, saat Anda akan membuat keputusan yang besar, berikan diri Anda beberapa waktu untuk mencerna informasi. Biarkan keputusan besar tersebut masuk ke dalam alam bawah sadar Anda. Pikiran sadar Anda bisa Anda pusatkan ke hal-hal lain yang lebih menarik, misalnya menonton TV. Dengan menggunakan alam bawah sadar untuk membantu Anda mengambil keputusan penting, Anda dapat memutuskan suatu masalah dengan lebih cerdas dan baik.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*