Merasa Lebih Muda Bisa Memberikan Harapan Hidup Lebih Lama

Penelitian di JAMA (The Journal of the American Medical Association) Internal Medicine menemukan bahwa orang-orang yang merasa tiga tahun lebih muda atau lebih dari umur sebenarnya memiliki resiko kematian lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang merasa lebih tua satu tahun atau lebih dari umur sebenarnya mereka.

Anda Semuda Seperti yang Anda Rasa

Dua peneliti di University College London melihat jawaban-jawaban dari sekitar 6,500 pria dan wanita dengan pertanyaan “Menurut Anda, seberapa tua kah diri Anda?” Para responden memiliki usia sekitar 52 tahun dan lebih tua, dengan rata-rata umur 65. Dan berikut adalah jawaban-jawaban mereka:

  • sekitar 70% merasa lebih muda tiga tahun atau lebih, dari umur asli mereka
  • 25% merasa seperti umur sebenarnya mereka
  • 5% nya merasa lebih tua setahun atau lebih dari umur sebenarnya

Selanjutnya adalah bagian yang mengagumkan: Delapan tahun setelah partisipan menjawab pertanyaan diatas, peneliti memastikan siapa saja yang  masih hidup:

  • 75% responden yang merasa lebih tua dari umur mereka
  • 82% responden yang merasa tepat seperti umur mereka
  • 86% responden yang merasa lebih muda dari umur mereka

Lebih dari sekedar cara pandang?

Apakah rasa muda yang membuat orang-orang merasa lebih hidup? Peneliti berspekulasi bahwa merasa lebih muda bisa mengarahkan kepada kebiasaan hidup sehat.

Dr. Ronald Siegel, asisten profesor psikologi di Harvard Medical School, menyebutkan bahwa merasa muda secara psikologis dapat mengarahkan Anda ke cara hidup sehat. Dimulai dengan olahraga, 150 menit dengan intensitas normal setiap minggunya.

Selain itu, merasa lebih muda juga merujuk pada diet sehat. Jika Anda merasa muda, Anda akan bersikap future-oriented atau berorientasi ke masa depan yang akan membuat Anda disiplin terhadap makanan yang Anda konsumsi. Hindari gula, lemak trans, dan tingkatkan konsumsi serat, lemak baik, biji-bijian utuh, asam lemak omega 3.

Tumbuhlah menjadi lebih muda setiap harinya

Dr. Siegel memiliki beberapa saran yang dapat membantu kita agar memiliki perasaan lebih muda setiap harinya:

  • Tantang diri Anda untuk mencoba hal-hal baru setiap harinya, belajar ide-ide baru dan kembangkan kemampuan yang baru pula. Dengan terus menggunakan kemampuan kita, kita memotivasi diri sendiri untuk terus aktif diseluruh aspek di hidup kita.
  • Hiduplah di masa sekarang. Hargai dan nikmati semua momen yang sedang terjadi, dan jangan melihat ke masa lalu apalagi terus mengingat-ingat penyesalan.
  • Milikilah makna hidup. Fokus pada sesuatu yang lebih besar dari diri Anda. Apakah itu dengan cara berhubungan dengan orang-orang yang dekat dengan Anda ataupun membantu hidup orang lain. Bisa juga dengan melakukan hobi, seperti berkebun, menonton teater, menari atau membaca.

Rayakan pertambahan umur Anda setiap tahunnya dengan melakukan lebih banyak bersepeda, membaca banyak buku, dan lakukan kegiatan yang semakin menambah semangat. Mungkin kita memang bertambah tua, tapi jangan merasa bahwa kita bertambah tua. Dan semoga hati Anda selalu awet muda, tidak peduli seberapa banyak lilin yang ada di kue ulang tahun Anda!

Read More