Manfaat Daun Kunyit dan Efek sampingnya

Manfaat Daun Kunyit dan Efek sampingnya

Daun kunyit sendiri banyak dibudidayakan dan digunakan secara luas di Asia Selatan. Menurut seorang ahli gizi asal Bangalore, India, manfaat daun kunyit berasal dari sifat antiseptik dan antikarsinogeniknya. Meski demikian, manfaat daun kunyit mungkin masih memerlukan penelitian lebih lanjut guna memastikan keefektifannya.

Oleh karena itu, Anda perlu berhati-hati dalam menggunakannya. Penggunaan daun kunyit secara berlebihan dapat berisiko menimbulkan efek samping pada tubuh, apalagi bagi orang-orang dengan kondisi medis tertentu. Jika perlu, konsultasikan dengan dokter sebelum merasakan manfaat daun kunyit ini.

  1. Sebagai penyedap masakan

Salah satu manfaat daun kunyit yang paling terkenal adalah sebagai penyedap masakan. Anda dapat menemukan daun kunyit langsung dari tanamannya atau membelinya di sejumlah supermarket. Manfaat daun kunyit ini sudah banyak digunakan pada sajian khas India, Thailand, Malaysia, dan Indonesia (seperti sajian rendang atau gulai). Jadi, Anda tidak perlu khawatir apabila kehabisan di rimpang kunyit dapur. Air rendaman ekstrak daun kunyit kering ternyata bisa dijadikan pewarna makanan alami. Pasalnya, warnanya sama dengan warna yang diberikan oleh kunyit. 

  1. Sebagai antiradang

Tidak hanya rimpang kunyit, manfaat daun kunyit juga berasal dari sifat antiradang kurkumin yang terkandung di dalamnya.Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Arizona dan dipublikasikan dalam Journal of Natural Production, kandungan antiradang kurkumin di dalam kunyit dapat membantu meringankan gejala nyeri sendi, seperti osteoarthritis dan rheumatoid.

Kendati demikian, penelitian mengenai manfaat daun kunyit untuk meringankan gejala nyeri sendi masih terbatas dilakukan pada hewan uji.Jadi, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut guna membuktikan kemanjuran manfaat daun kunyit untuk meringankan gejala nyeri sendi pada manusia.

  1. Menyembuhkan luka

Menyembuhkan luka juga menjadi manfaat daun kunyit lainnya. Selain antiradang, kurkumin juga mengandung zat antibakteri dan antivirus yang dipercaya dapat mempercepat proses penyembuhan luka.Manfaat daun kunyit ini dapat diperoleh dengan cara menumbuk daun kunyit dengan sedikit air. Kemudian, oleskan daun kunyit yang sudah dihaluskan pada kulit yang terluka, baik luka gores hingga luka bakar ringan.

  1. Mencegah diabetes

Manfaat daun kunyit dipercaya dapat mencegah diabetes. Hasil studi pada hewan uji menyebutkan bahwa daun kunyit mampu mengurangi kadar gula darah. Sayangnya, studi tersebut masih dilakukan pada hewan uji sehingga masih memerlukan penelitian lebih lanjut guna membuktikan keefektifannya pada manusia.

Efek samping yang mungkin terjadi

  1. Iritasi pada lambung

Manfaat daun kunyit memang dapat meningkatkan kesehatan pencernaan. Akan tetapi, jika Anda mengonsumsinya dalam jumlah yang terlalu banyak, maka daun kunyit dapat merangsang lambung untuk memproduksi lebih banyak asam lambung. Akibatnya, bagi beberapa orang yang memiliki gangguan pencernaan akut, kondisi tersebut mungkin dapat memperparah gejala penyakit.

  1. Mengencerkan darah

Salah satu efek samping daun kunyit jika dikonsumsi berlebihan adalah dapat mengencerkan darah sehingga meningkatkan risiko perdarahan. Bagi orang-orang yang mengonsumsi obat pengencer darah, seperti warfarin, secara rutin sebaiknya hindari konsumsi kunyit dalam jumlah yang terlalu banyak.

  1. Meningkatkan kontraksi pada ibu hamil

Pada ibu hamil, konsumsi daun kunyit dalam jumlah yang normal mungkin tidak menyebabkan masalah. Namun, mengonsumsi daun kunyit secara berlebihan dapat meningkatkan kontraksi.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*