Mengatasi Sembelit dengan Buah Pelancar BAB

Ternyata penting untuk memperhatikan seberapa sering Anda buang air besar, karena gerakan buang air besar yang teratur bisa sangat penting untuk kesehatan yang baik. Selain konsumsi buah pelancar BAB, ada cara lain yang dapat membantu Anda melancarkan sistem pencernaan. Anda sering merasa sulit untuk buang air besar lebih sering atau lebih nyaman? Berikut beberapa tips untuk membantu Anda:

  1. Minum air

Air dan serat: Ini adalah dua komponen utama dari kotoran yang merupakan bagian dari diet Anda. Usahakan untuk minum lebih banyak air setiap hari agar membantu Anda lebih mudah membuang air besar.

  1. Konsumsi buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran

Selain itu, penting untuk mengkonsumsi makanan dengan banyak serat. Hal ini menambah jumlah pada feses Anda, yang merangsang usus untuk bergerak dan mendorong tinja Anda ke depan. Makanan yang mengandung serat meliputi:

  • Buah-buahan pelancar BAB, seperti stroberi, raspberry, kiwi, pear dan apel
  • Kacang-kacangan dan biji-bijian, seperti pistachio, almond, atau biji bunga matahari
  • Sayuran, seperti brokoli, lima kacang, dan wortel
  • Roti gandum
  1. Tambahkan makanan serat secara perlahan

Jangan memasukkan terlalu banyak serat ke dalam makanan Anda sekaligus, karena hal ini dapat memberikan efek yang berlawanan dan mengakibatkan sembelit. Sebagai gantinya, cobalah untuk menambahkan satu porsi serta setiap lima hari agar saluran pencernaan Anda menyesuaikan diri dengan peningkatan serat.

  1. Konsumsi artichoke

Penelitian ilmiah menunjukkan bahwa artichoke memiliki efek probiotik, untuk meningkatkan kesehatan serta keteraturan usus secara reguler.

Prebiotik adalah karbohidrat yang tidak dapat dicerna seperti inulin yang memberi makan bakteri bermanfaat dalam usus, untuk meningkatkan jumlahnya dan melindungi terhadap pertumbuhan bakteri berbahaya. Selain itu, sudah dipastikan bahwa probiotik dapat meningkatkan frekuensi feses dan meningkatkan konsistensi feses.

Artichoke yang dimasak bisa dimakan dalam keadaan panas atau dingin. Kelopak luar dapat dicabut dan bagian dagingnya dimakan dengan dimasak menggunakan bumbu atau saus sesuai selera.

  1. Konsumsi ubi

Ubi mengandung jumlah serat yang baik untuk membantu meringankan sembelit. Karena ubi mengandung sebagian besar serat tidak larut dalam bentuk selulosa dan lignin. Selain itu, ubi juga mengandung serat pektin larut.

Serat yang tidak larut tersebut dapat membantu Anda meningkatkan intensitas serta kenyamanan dalam membuang air besar.

Ubi bisa dikonsumsi dengan dipanggang, dikukus, direbus atau dihaluskan. Ubi juga dapat digunakan dengan menggunakan resep apapun yang membutuhkan bahan kentang biasa.

  1. Lebih banyak bergerak

Usus Anda memiliki gerakan alami yang menggerakkan feses ke arah depan. Jika tubuh Anda tidak bergerak cukup cepat, maka Anda dapat membantunya dengan berolahraga. Aktivitas fisik, seperti berjalan, berlari, atau berenang, semuanya dapat mendorong gerakan yang membantu aktivitas buang air besar Anda dengan lebih baik.

  1. Kurangi stress

Dokter telah mengidentifikasi hubungan antara pikiran dan tubuh dengan buang air besar, misalnya, banyak orang merasa malu dengan gagasan buang air besar di toilet umum.

Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi koneksi antara otak Anda dan usus:

  • Ingatlah bahwa buang air besar adalah bagian alami dari kebutuhan fisik setiap orang. Semua orang pasti buang air besar, jadi Anda tidak perlu malu jika harus pergi.
  • Usahakan buang air besar pada waktu yang sama setiap hari (seperti di pagi hari di rumah setelah Anda sarapan). Ini dapat membantu melatih tubuh Anda untuk pergi pada saat yang sama di tempat di mana Anda merasa lebih nyaman.
  • Pergi ke kamar mandi ketika Anda merasa perlu. Cobalah untuk tidak menahan atau menunda keinginan buang air besar. Jika Anda merasa perlu untuk pergi, manfaatkan kesiapan tubuh Anda.

Cobalah terlibat dalam kegiatan yang dapat membantu menghilangkan stres jika tingkat kecemasan Anda merambat dan perut Anda mulai kram. Contohnya, termasuk mengambil napas dalam-dalam, melakukan peregangan tubuh seperti memutar bahu ke belakang dan ke depan, mendengarkan musik yang menenangkan, atau mengulang mantra yang positif.

Karena stres dan buang air besar sangat terkait dengan satu sama lain, cobalah untuk menciptakan lingkungan yang menenangkan di kamar mandi tempat Anda memiliki privasi untuk buang air besar. Lalu, hindari buang air besar yang terburu-buru berikan waktu Anda setidaknya 10 menit untuk pergi ke kamar mandi. Ternyata tidak hanya buah yang dapat menjadi solusi pelancar BAB, Anda dapat melakukan tips-tips di atas untuk membantu kelancaraan sistem pencernaan Anda. Gerakan usus membutuhkan makanan sehat, cairan, dan ketenangan untuk menciptakan pengalaman yang lebih nyaman. Jika Anda mencoba tips ini, dan gejala Anda tidak menjadi lebih baik, bicarakan dengan dokter Anda. Ada banyak obat dan cara medis yang dapat membantu Anda meningkatkan kesehatan usus Anda.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*