Obat Gatal Selangkangan yang Aman Bagi Tubuh

Memilih obat menjadi tantangan tersendiri karena terkadang belum tentu aman bagi tubuh. Semua orang akan lebih berhati-hati jika soal obat, terutama jika akan digunakan pada daerah sensitif seperti selangkangan. Hampir semua orang pernah mengalami gatal pada area selangkangan, sehingga membutuhkan obat gatal selangkangan. Pilihlah obat gatal selangkangan yang pasti aman bagi tubuh.

obat gatal selangkangan

Gatal pada selangkangan 

Keluhan yang sering muncul pada area selangkangan adalah rasa gatal. Tingkatan rasa gatal yang dialami bisa berbeda, dari gatal biasa sampai gatal parah yang menimbulkan rasa panas dan perih di selangkangan. Penyebab rasa gatal bisa berbeda-beda, namun umumnya dipicu oleh selangkangan yang lembab. Area selangkangan yang lembab bisa digunakan bakteri dan jamur untuk berkembang biak. Penderita gatal pada selangkangan ini bisa siapa saja, baik perempuan maupun laki-laki, tua atau muda, dan dengan kondisi tubuh apa saja. 

Identifikasi penyebab gatal 

Penyebab gatal pada area selangkangan bisa bermacam-macam. Untuk memberikan obat gatal selangkangan yang tepat maka diperlukan identifikasi penyebab yang juga tepat. Terdapat 3 penyebab utama munculnya gatal pada selangkangan.

  1. Psoriasis

Psioriasis merupakan penyakit autoimun yang menyerang kulit. Psoriasis menyebabkan gatal dan sakit kemerahan. Biasanya psoriasis muncul pada daerah lipatan kulit seperti ketiak, bawah payudara, dan selangkangan. Psoriasis bisa kambuh sewaktu-waktu.

  1. Erythrasma

Erythrasma merupakan infeksi kulit yang disebabkan oleh perkembangbiakan bakteri corynebacterium minutissimum  yang tidak terkendali. Infeksi ini menyebabkan bercak-bercak yang gatal pada area selangkangan. 

  1. Tinea Cruris

Tinea Cruris merupakan infeksi jamur pada area selangkangan. Istilah lain yang lebih dikenal masyarakat adalah kurap. Infeksi ini menyebabkan gatal di selangkangan. Anehnya, rasa gatal tersebut bisa sembuh sendiri namun memungkinkan untuk kambuh berulang-ulang.

Obat gatal selangkangan 

Untuk mengatasi berbagai infeksi yang muncul, terdapat bermacam-macam obat gatal selangkangan. Penyembuhan rasa gatal dengan obat bisa sebentar atau lama tergantung dari keluhan dan penanganannya. Beberapa jenis obat gatal selangkangan di antaranya yaitu krim steroid untuk psoriosis, obat antibakteri untuk erythrasma, dan obat antijamur untuk tinea crusis. Berbagai obat gatal selangkangan tersebut umumnya memerlukan resep dokter. Jenis obat selangkangan pun bisa berupa obat oles, obat suntik, maupun obat telan. Contoh obat oles yang bisa didapatkan di apotek tanpa resep dokter yaitu miconazole  untuk mengobati infeksi jamur. Untuk obat suntik, ada infliximax yang disuntikan ke pembuluh darah selama 2 jam menurut arahan dokter. Untuk obat telan, fluconazole bisa digunakan dengan resep dokter.

Cara mencegah gatal selangkangan

Gatal pada selangkangan bisa dicegah dengan menerapkan beberapa kebiasaan sederhana. Berikut ini beberapa cara untuk mencegah gatal selangkangan.  

  1. Rajin membersihkan area selangkangan terutama setelah buang air.
  2. Ganti celana dalam secara teratur setiap pagi dan sore.
  3. Hindari menggunakan celana ketat terlalu sering sebab bisa membuat area selangkangan lecet. Hal tersebut menyebabkan area selangkangan mudah terinfeksi bakteri.  
  4. Pastikan area selangkangan kering dan tidak lembab sehingga terbebas dari jamur dan bakteri.
  5. Gunakan sabun khusus untuk membasuh area selangkangan sehingga tidak melukai selangkangan. 

            Merawat tubuh tentu harus menyeluruh dan total, tak terkecuali area selangkangan. Jika selangkangan terasa gatal, atasi segera menggunakan obat gatal selangkangan. Akan tetapi, gunakan obat gatal selangkangan sesuai dengan penyebabnya. Kunjungi dokter untuk mendapat bantuan medis apabila rasa gatal semakin hebat dan tak kunjung sembuh.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*