Senam Tai Chi

Senam tai chi adalah salah satu aktivitas yang dapat membantu Anda untuk menenangkan diri. Senam tai chi mulanya merupakan olahraga bela diri. Tidak hanya itu, senam tai chi juga dapat dilakukan untuk mengurangi tekanan di dalam pikiran, khususnya yang berhubungan dengan kesehatan manusia.

Apa Yang Dimaksud Dengan Tai Chi?

Senam tai chi diadaptasi dari Tiongkok. Senam tai chi melibatkan rangkaian gerakan yang perlu dilakukan secara perlahan dan membutuhkan konsentrasi penuh, dan disertai dengan teknik bernafas dalam. Senam tai chi dapat membuat seseorang merasa tenang dengan melakukan gerakan lembut yang terus mengalir.

Senam tai chi juga disebut sebagai tai chi chuan dimana jenis olahraga tersebut merupakan jenis olahraga nonkompetitif dan melibatkan latihan fisik individual dan peregangan. Orang-orang yang melakukan senam tai chi perlu melakukan berbagai gerakan yang diiringi dengan aliran lembut tanpa jeda supaya tubuh mereka terus bergerak.

Senam tai chi merupakan salah satu aktivitas yang bermanfaat untuk semua kalangan. Setiap orang dapat mencoba gerakan tai chi, baik untuk menjaga kesehatan maupun seni bela diri. Senam tai chi sebenarnya juga berbeda dari yoga. Yoga memerlukan jeda dalam pergerakan, sementara orang-orang yang melakukan tai chi harus terus bergerak. Meskipun demikian, tai chi juga dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh.

Apa Saja Manfaat Tai Chi?

Ada banyak manfaat yang diperoleh jika manusia melakukan senam tai chi. Manfaat tersebut adalah sebagai berikut:

  • Memperbaiki suasana hati.
  • Mengurangi tekanan atau stres, gangguan kecemasan, serta depresi.
  • Meningkatkan energi.
  • Mengurangi berat badan.
  • Meningkatkan kemampuan untuk bernafas.
  • Membantu meningkatkan kelenturan, keseimbangan, dan kelincahan pada tubuh manusia.
  • Meningkatkan kekuatan otot.
  • Meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Memperbaiki pola tidur.
  • Membantu mengurangi tekanan darah.
  • Mengatasi masalah yang berkaitan dengan persendian.

Aliran-Aliran Tai Chi Yang Dapat Dilakukan

Tidak hanya memberikan banyak manfaat bagi tubuh, senam tai chi juga meliputi berbagai aliran yang dapat Anda lakukan. Berikut adalah aliran-aliran yang dapat Anda coba:

  • Aliran Yang Tai Chi

Aliran Yang Tai Chi adalah aliran yang dilakukan oleh pemula dimana aliran tersebut berfokus pada gerakan perlahan yang anggun, serta memberikan relaksasi pada diri mereka sendiri.

  • Aliran Wu Tai Chi

Aliran Wu Tai Chi adalah aliran yang dilakukan yang meliputi gerakan mikro dimana gerakan tersebut perlu dilakukan dengan sangat perlahan.

  • Aliran Chen Tai Chi

Aliran Chen Tai Chi adalah aliran tai chi yang meliputi cepat atau lambatnya pergerakan.

  • Aliran Sun Tai Chi

Aliran Sun Tai Chi sama seperti aliran Chen Tai Chi dimana aliran tersebut juga meliputi gerakan berjongkok, membungkuk, memukul, dan menendang, namun lebih ringan dari aliran Chen Tai Chi.

  • Aliran Hao Tai Chi

Aliran Hao Tai Chi adalah aliran yang melibatkan ketepatan pada gerakan dan tenaga dalam.

Cara Melakukan Senam Tai Chi

Jika Anda ingin mencoba senam tai chi, Anda bisa memulainya. Tai chi juga merupakan salah satu aktivitas yang minim risiko. Meskipun demikian, ketika Anda pertama kali mencoba aktivitas ini, Anda mungkin akan merasa pegal. Salahnya pergerakan juga dapat membuat Anda cedera.

Anda perlu melakukan senam tai chi sesuai instruksi. Anda dapat mengikuti gerakan tai chi baik dari instruktur secara langsung maupun secara online. Teknik yang diberikan saat melakukan senam tai chi berfokus pada postur tubuh dan gerakan yang akurat. Anda juga bisa mengajak teman atau keluarga untuk melakukan senam untuk menjaga kesehatan baik secara fisik maupun secara mental.

Read More

Tips Memilih Sepatu yang Sesuai dengan Olahraga Anda

Saat kecil, Anda pasti terbiasa dengan sepatu kets yang dapat digunakan untuk berbagai aktivitas fisik seperti bermain, berlari, hingga bermain bulu tangkis dengan teman-teman. Namun, seiring bertambahnya usia, Anda yang mulai memilih satu atau dua jenis olahraga sebagai latihan rutin dan hobi akan membutuhkan perlengkapan berupa sepatu khusus. Hal ini sangatlah penting karena tidak hanya berguna sebagai pelengkap tampilan saat berlatih, tetapi juga untuk membantu memudahkan aktivitas hingga menghindari risiko cedera terjadi. Untuk itu, simak beberapa tips memilih sepatu yang sesuai dengan olahraga berikut ini.


Sepatu Lari
Bersiap untuk rutinitas hidup sehat dengan berlari? Pastikan Anda sudah memiliki sepatu lari yang tepat untuk memudahkan kaki saat melangkah dalam satu ritme yang konsisten. Sepatu yang ringan dengan bantalan akan sangat membantu Anda untuk tetap nyaman berlari dalam segala rute jalan. Sepatu lari dirancang untuk langkah maju berulang dengan pelindung di bagian depan kaki dan tumit Anda. Dengan menggunakan sepatu lari yang tepat, Anda akan dapat menghindari shin splints, fraktur, tendinitis, dan masalah cedera kaki akibat berlari lainnya.

Sepatu Tenis
Saat Anda bermain tenis, Anda akan banyak melakukan gerakan dari sisi ke sisi. Itulah sebabnya Anda membutuhkan sepatu yang dapat menjadi penyangga dari dalam dan luar kaki. Selain itu, Anda juga perlu sepatu yang dapat membantu fleksibilitas pada telapak kaki di untuk gerakan maju yang cepat. Pilih sepatu dengan sol yang lebih lembut jika Anda bermain di lapangan yang lembut. Akan tetapi, Anda lebih dianjurkan untuk memilih sepatu dengan sol yang lebih tepat jika bermain di lapangan keras.

Sepatu Basket
Berbeda dengan sepatu lari, para pemain basket cenderung menggunakan sepatu dengan sol yang lebih tebal dan kaku agar dapat memberikan stabilitas ekstra saat Anda berlari serta melompat ke atas dan ke bawah. Sepatu basket juga identik dengan high-top ankle yang akan melindungi dan mendukung pergelangan kaki Anda saat melakukan perubahan arah dengan cepat dan ketika Anda melompat dan mendarat dari sebuah lompatan.

Sepatu Sepak Bola
Ketika Anda berada di lapangan sepak bola, Anda akan ingin memakai sepatu dengan pul (juga biasa disebut sebagai gerigi, paku, atau kancing) pada bagian sol bawahnya. Bagian ini sangat penting karena dapat memberi gaya gesek tambahan pada tanah dan rumput sehingga tidak mudah terjatuh. Meskipun begitu, Anda tidak perlu khawatir karena pul ini tidak akan mengganggu pemakainya. Para pesepak bola masih bisa bermain dengan nyaman dengan menggunakan sepatu ini.

Sepatu Futsal
Berbeda dengan sepatu bola yang memiliki pul di solnya, para pemain futsal tidak membutuhkan sepatu seperti itu. Sebab, jenis lapangan futsal menggunakan rumput sintetis di mana tidak ada tanah yang membutuhkan pul untuk berpijak. Pada sepatu futsal, bagian bawahnya terbuat dari karet yang menggunakan bahan yang tidak keras. Hal ini penting sebab lapangan futsal cenderung memiliki tekstur yang empuk.


Sepatu Baseball dan Softball
Untuk Anda para pemain baseball dan softball, Anda dapat memilih sepatu khusus untuk kedua olahraga ini. Sepatu untuk baseball dan softball biasanya lebih panjang dan sempit daripada beberapa sepatu olahraga lainnya. Selain itu, sepatu olahraga ini juga dilengkapi dengan cleat toe dapat terbuat dari logam, bukan dari plastik yang dibentuk. Bagian ini sangat penting untuk menghindari benturan pada tongkat baseball dan softball yang berisiko terjatuh mengenai kaki.

Sepatu Golf
Bagi Anda penikmat olahraga golf, pemilihan sepatu juga tidak bisa dilakukan sembarangan. Pasalnya, ada sepatu yang memang dikhususkan untuk memudahkan aktivitas permainan golf. Sepatu golf dapat meningkatkan kenyamanan permainan Anda dan membuat Anda lebih aman saat berjalan di lapangan. Cleat pendek pada sol membantu membuat kaki Anda lebih kuat dan kokoh saat mengayunkan tongkat golf. Itu membuat Anda tidak mudah untuk tergelincir. Sepatu golf juga memberi Anda lebih banyak stabilitas saat Anda berjalan dari pada berbagai tekstur permukaan lapangan.

Sepatu Hiking
Anda menyukai aktivitas berjalan di perbukitan? Sepatu yang didesain dan dibuat khusus untuk mendaki akan memberikan kaki Anda perlindungan yang lebih baik di jalan. Selain menghindari jatuh, sepatu hiking juga akan melindungi kaki dari kerikil dan mengurangi risiko pergelangan kaki terkilir. Anda dapat memilih sepatu yang ringan untuk jalur yang cenderung mudah. Sepatu midweight untuk hiking di medan berbatu atau permukaan yang tidak rata. Ataupun sepatu boots kelas berat untuk menanjak gunung dengan permukaan tanah berbatu, lumpur, es, atau bahkan salju.

Sepatu Bersepeda
Terakhir, bagi Anda para pesepeda, jangan sepelekan pemilihan sepatu yang tepat untuk memastikan kaki Anda terlindungi dari risiko cedera. Sepatu bersepeda gunung dan rekreasi biasanya memiliki cleat cekung dan sol yang fleksibel. Bentuk sepatu ini akan berguna untuk mempermudah Anda dalam berjalan atau mengayunkan sepeda dengan nyaman.

Itulah beberapa tips memilih sepatu berdasarkan olahraga yang dilakukan. Jadi, pastikan untuk menggunakan sepatu yang tepat untuk memudahkan aktivitas dan mengurangi risiko cedera terjadi.

Read More