Siapa Sangka Sayur Pare Memiliki Manfaat untuk Kesehatan Kulit

Olahan sayur pare dikenal dengan manfaatnya menurunkan kadar gula darah

Tidak banyak yang tahu jika sayur pare yang dikenal dengan cita rasa yang pahit memiliki banyak khasiat. Sayur pare memang sudah sering digunakan banyak orang sebagai obat herbal yang bermanfaat untuk tubuh, tetapi tidak banyak orang yang tahu bahwa sayur pare juga bisa dijadikan sebagai bahan alternatif untuk kecantikan.

Ini menjadi masuk akal lantaran sayur pare kaya akan kandungan vitamin C atau mikronutrien penting di dalamnya yang memiliki fungsi aktif dalam pencegahan penyakit, pembentukan tulang, dan penyembuhan luka. Tak hanya vitamin C, sayur pare juga dipercaya mengandung vitamin A yang baik bagi kesehatan penglihatan serta dapat memperbaiki kecantikan kulit. 

Senyawa antioksidan kuat yang ada pada pare pun dapat membantu melindungi sel tubuh dari kerusakan. Langsung saja, untuk mengetahui lebih lanjut manfaat sayur pare untuk tubuh, berikut penjelasannya:

  1. Membantu Produktivitas Kolagen di Dalam Tubuh

Vitamin C yang terkandung di dalam pare akan membantu kesehatan pembuluh dan peredaran darah Anda. Kesehatan pembuluh darah merupakan unsur penting bagi produksi kolagen. Sementara kolagen adalah protein penting untuk menjaga keremajaan sel kulit.

  1. Mengobati Ruam Kemerahan Karena Sengatan UV

Air rebusan sayur pare atau jus pare segar merupakan pendingin kulit yang baik. Keduanya cukup efektif untuk menenangkan kulit yang iritasi karena sengatan sinar ultraviolet.

  1. Menangkal Radikal Bebas

Mengonsumsi seporsi sayur pare akan memenuhi 54 persen kebutuhan tubuh akan vitamin C. Manfaat Vitamin C yang terkandung di dalam sayur pare adalah dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk menangkal radikal bebas. Manfaat sayur  pare yang lain juga dapat mengurangi resiko kanker kulit dan kerusakan sel.

  1. Menjadikan Kulit Sehat dan Cantik

Vitamin-vitamin yang terkandung di dalam sayur pare dapat membantu kulit dalam pemulihan dari penyakit seperti eczema dan psoriasis. Selain itu sayur pare juga memiliki kemampuan untuk memurnikan darah, menjadikan kulit bebas toksin. Inilah kunci kulit yang sehat bercahaya dan bebas jerawat.

  1. Membantu Mengatasi Jerawat dan Infeksi Kulit

Kandungan dalam sayur pare memiliki sifat anti-bakteri dan anti-inflamasi, sehingga akan sangat membantu dalam mengatasi jerawat, terutama pada tipe kulit acne-prone. Sayur pare tersebut dapat diolah sebagai sayur, jus, bahkan dijadikan masker wajah. 

Selain membantu mengatasi jerawat sayur pare juga dapat membantu mengurangi infeksi kulit karena sifat anti-inflamasinya. Mengonsumsi pare secara teratur sangat membantu dalam mengobati banyak penyakit kulit dan infeksi. Eksim, gatal, dan psoriasis juga bisa dicegah dengan pare. Infeksi jamur termasuk kurap juga dapat dikurangi.

  1. Menjadikan Kulit Bercahaya

Manfaat sayur pare untuk kecantikan lainnya yaitu menjadikan kulit lebih bercahaya. Untuk mendapatkan kulit yang cerah bercahaya, Anda dapat mengonsumsi sayur pare secara teratur karena sayur pare memiliki zat antioksidan yang kuat.

Vitamin A dan C yang ada di dalamnya mampu mencegah penuaan kulit dan juga mengurangi keriput. Ketika racun dikeluarkan dari tubuh, jerawat berkurang, dan kulit terjaga dari paparan sinar UV, maka kulit pun akan tampak lebih bersinar.

***

Sebagian orang pasti memilih untuk tidak mengonsumsi sayur pare karena rasanya yang pahit. Namun jangan meremehkan sayur pare, karena sayur pare ini memiliki banyak khasiat yang baik bagi kesehatan tubuh dan menjauhkan kita dari berbagai penyakit, termasuk amat bermanfaat untuk kecantikan kulit.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*