10 Tips Menghindari Diare yang Menganggu Aktivitas Sehari-hari Anda

Permasalah pencernaan yang terjadi pada seseorang dengan diare biasanya disebabkan oleh bakteri yang menginfeksi dari makanan, tekanan atau stres, efek samping dari obat-obatan tertentu, atau kondisi medis kronis seperti kolitis, penyakit Crohn, dan IBS. Tetapi apa pun penyebabnya, siapa pun yang memiliki masalah pencernaan sering menghadapi keluhan dan ketidaknyamanan. Namun jangan khawatir, berikut ini adalah ulasan mengenai tips menghindari diare dan mengatasi keluhanya dalam kehidupan sehari-hari.

1. Pahami Tahapan Perawatan Pencernaan Anda
Saat memeriksakan kondisi diri Anda, dokter akan menentukan penyebab dari masalah pencernaan dan meresepkan obat serta anjuran perawatan yang tepat. Hal ini termasuk dengan minum obat, menghindari makanan tertentu, dan mengadopsi beberapa kebiasaan hidup sehat. Pastikan untuk memahami dengan jelas alasan dari tiap anjuran dan aturan yang diberikan dokter. Upayakan untuk meneruskan pola hidup dan asupan makanan yang sehat dan bersih meskipun Anda sudah pulih dari diare.

2. Kenali Pemicu Masalah Pencernaan Anda
Selanjutnya, kenali juga apa yang menjadi Anda terus mengalami diare berulang. Ada banyak hal yang dapat memicu gangguan pencernaan, mulai dari kesalahan dalam mengonsumsi makanan, minuman, asupan obat, hingga kondisi kesehatan tertentu. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui dengan pasti penanganan tepat untuk menghadapinya.

3. Diet Seimbang Agar Pencernaan Tetap Sehat
Menjaga asupan makan yang sehat dan benar dapat membantu mencegah masalah dan menenangkan sistem pencernaan Anda ketika diare muncul. Ikuti instruksi dokter Anda tentang apa yang harus dimakan dan apa yang harus dihindari. Perhatikan ukuran porsi, serta seberapa sering dan seberapa cepat Anda makan.

4. Tetap Terhidrasi, Tapi Minumlah dengan Hati-hati
Air sangat penting untuk kondisi kesehatan yang baik dan fungsi usus yang normal. Tidak hanya itu, air juga membantu tekstur kotoran berada dalam kondisi yang normal. Namun, beberapa minuman seperti kopi, soda, dan alkohol malah dapat memperparah keadaan. Asupan air putih, larutan elektrolit, dan makanan dengan kandungan air tinggi lebih dianjurkan.


5. Praktekkan Hidup Bersih dan Sehat untuk Pencernaan Lebih Baik
Pastikan untuk selalu mencuci tangan Anda dengan sabun dan air hangat setelah Anda menggunakan kamar mandi dan sebelum makan atau saat akan menyiapkan makanan. Kebiasaan baik ini dapat membantu mencegah penularan bakteri yang berpotensi menyebabkan diare pada makanan Anda.

6. Bersiap untuk Kondisi Darurat
Tidak peduli seberapa baik Anda melakukan pencegahan diare, masalah pencernaan ini dapat menyerang kapan pun. Jadi, bersiaplah dengan selalu menyimpan persediaan darurat di rumah, kantor atau sekolah, dan di kendaraan. Persediaan untuk kondisi darurat ini, antara lain:

  • Obat-obatan yang bekerja cepat untuk atasi gas, kembung, atau diare
  • Tisu basah dan kering 
  • Cadangan celana dalam dan bawahan
  • Kantong plastik untuk membuang tisu dan pakaian yang kotor

Pastikan untuk menyimpan barang-barang ini di dompet, mobil, koper, dan meja kerja Anda. Jika diare kembali menyerang, Anda sudah siap dengan perlengkapan tersebut.

7. Kelola Stres untuk Menenangkan Pencernaan
Tahukah Anda jika stres dapat menyebabkan dan memperburuk masalah pencernaan Anda. Jika stres adalah penyebab diare yang Anda alami, cobalah untuk melakukan beberapa kegiatan relaksasi seperti olahraga, yoga, meditasi, atau hobi kesukaan Anda.

8. Mencari Bantuan untuk Masalah Pencernaan
Jangan mencoba untuk menyembunyikan masalah pencernaan Anda dari keluarga, teman, dan pengasuh Anda. Bantu mereka memahami bagaimana, kapan, dan mengapa masalah pencernaan dapat terjadi pada Anda. Dengan begitu, mereka dapat membantu Anda untuk mengatasi dan mengobati diare yang mengganggu Anda. Misalnya dengan menjaga makanan yang diberikan pada Anda dan ikut menjaga kebersihan diri.


9. Kendalikan Masalah Pencernaan Anda
Jika Anda kerap kali mengalami masalah diare, pastikan untuk segera mengonsultasikan diri dengan dokter. Selain dengan memahami akar permasalahannya, Anda juga dapat menganalisis pengaruh obat-obatan yang diberikan dokter. Pastikan juga untuk selalu menanyakan efek samping dari tiap obat yang diberikan dokter.


10. Waspadai Obat Alternatif untuk Masalah Pencernaan
Perawatan pencernaan alternatif yang bekerja membersihkan usus besar banyak diiklankan. Meskipun beberapa pengobatan alternatif terbukti cukup menjanjikan, banyak pula dari mereka yang tidak hanya mahal, tetapi juga tidak efektif dan berisiko menimbulkan efek bahaya pada tubuh. Jadi, pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum mencoba terapi atau suplemen alternatif apa pun.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*