Yang Perlu Diperhatikan Dalam Memilih Kado Untuk Bayi

Salah satu hal yang paling disukai bayi atau anak-anak adalah mendapatkan hadiah yang spesial. Tidak peduli kado untuk bayi berbentuk apapun, anak dan orangtua akan mengapresiasi hadiah tersebut sebagai bentuk kasih sayang dan cinta yang diberikan. Sayangnya, memilih kado untuk bayi yang tepat bukan perkara mudah. Artikel ini akan membahas apa saja yang perlu diperhatikan bila Anda ingin memberikan kado atau hadiah untuk bayi. Selain itu, artikel ini akan memberikan contoh kado-kado yang bisa Anda berikan untuk bayi.

Hal yang perlu dipikirkan sebelum membeli kado

Sebelum memberikan kado untuk bayi, Anda harus tahu umur atau usia bayi yang akan Anda beri hadiah. Usia yang berbeda membutuhkan hadiah yang berbeda pula. Bayi yang baru belajar berjalan mungkin akan lebih menyukai mainan yang dapat membantunya lebih aktif dan berjalan. Sementara itu, bayi di bawah umur satu tahun lebih suka mainan yang edukasional dan membantu perkembangan otak. Anda hanya perlu memikirkan mainan yang tepat untuk usia yang tepat.

Anda juga harus tahu ketertarikan dari seorang bayi terhadap sesuatu. Beberapa bayi mungkin suka mainan robot dan boneka, namun tidak sedikit pula yang lebih suka mainan berwarna-warni ataupun mainan berbentuk hewan. Bukan berarti mereka tidak akan suka atau membenci hadiah yang Anda berikan jika tidak sesuai dengan ketertarikan mereka, namun apabila Anda memberi hadiah yang benar, mereka akan lebih merasa senang dan bahagia. Pastikan Anda melakukan sedikit “research” terlebih dahulu untuk tahu jenis mainan apa saja yang disukai oleh bayi.

Selain faktor usia dan ketertarikan, Anda juga harus memastikan mainan atau kado yang akan diberikan aman untuk si kecil. Kebanyakan produk yang dibuat untuk anak-anak terbuat dari bahan plastic. Anda harus memastikan produk tersebut bebas BPA dan bebas racun yang akan membahayakan anak. Pastikan Anda selalu memeriksa sertifikasi sebuah produk dan cari apakah ada simbol-simbol keamanan tertentu. Apabila sebuah mainan atau produk sudah mendapatkan sertifikasi dari FDA, EU, dan LFGB, produk tersebut aman untuk anak-anak.

Selain apakah sebuah produk bebas BPA dan racun, hal lain yang perlu Anda perhatikan dalam memilih kado untuk bayi adalah apakah sebuah produk “food-grade” atau tidak. Bayi sering tidak tahu fungsi atau guna sebuah benda, dan biasanya akan langsung memasukkan benda tersebut ke dalam mulutnya. Untuk itu, penting apabila Anda memilih produk yang “food-grade” sehingga aman saat dimainkan atau dimasukkan ke dalam mulut bayi. Selain itu, apabila Anda ingin memberikan mainan untuk bayi, pastikan mainan tersebut dalam ukuran yang tidak terlalu kecil dan dapat meningkatkan risiko tertelan. Beberapa mainan dapat dibongkar menjadi bentuk-bentuk kecil. Hal ini sangat berbahaya terutama bagi anak-anak berusia di bawah 5 tahun karena dapat tertelan dan meningkatkan risiko tersedak. Banyak kasus anak tersedak dan berujung fatal karena menelan mainan berbentuk kecil ke dalam mulut. Jadi, perhatikan instruksi usia sebuah mainan sebelum memberikannya kepada anak. Kado untuk bayi bisa bermacam-macam. Anda bisa memberikan anak produk-produk penting seperti popok, buku edukasi, bib, dan botol minum. Selain itu, Anda juga bisa memberikan buku memori untuk mengenang tumbuh kembang buah hati. Dalam memberikan kado untuk bayi, yang paling penting bukan harga ataupun ukuran suatu hadiah, namun nilai sentimental yang hadiah itu miliki.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*